When Life Gets Hard

Hidup tak selamanya menyenangkan. Adakalanya kita terpuruk dalam kesedihan, kesepian, dan kesengsaraan. Mimpi yang tak tergapai dan realita yang menyakitkan membuat seolah kita tak cukup berharga untuk melanjutkan hidup. Gue beruntung punya teman-teman yang bersedia menampung curahan galau, seabsurd apapun cerita gue. 

Namun, bahkan teman paling setia pun tak selalu ada buat gue. Tetap aja gue harus berjuang sendirian menghadapi dinamika kehidupan. Apalagi kalau galaunya kambuh tengah malam, siapa yang nemenin coba? (Meskipun gue pernah juga sih ditelepon tengah malam sama teman dari seberang lautan sesaat setelah dia baca status gue. Thanks yaa).

Selain berdoa dan berusaha, gue harus bisa menyugesti diri gue dengan pikiran positif. All is well. I am fine.  Everything gonna be okay. Semacam itulah. Sugesti gue amat sangat terbantu dengan lagu-lagu yang gue denger. Bagi gue, lagu itu ibarat mantra yang dirapalkan ke alam bawah sadar gue. Karena kemarin-kemarin gue dalam masa transisi (kota baru, kerjaan baru), playlist lagu gue kebanyakan lagu galau nan mellow, dan itu sama sekali ga nolong gue untuk melihat langit lebih cerah. Jadi, gue mengganti lagu-lagu itu dengan lagu-lagu berikut yang liriknya banyak berisi tentang motivasi hidup. Kebanyakan lagu lama, tapi gue ga peduli. 

1. Lapang Dada by Sheila On 7
Pindah ke kota kenangan itu berat. Seluruh penjurunya seolah menyimpan memori yang sangat. Beruntung Sheila ngeluarin single aru yang cocok ama kondisi gue. Lagu ini gue denger pertama kali dari temen-temen baru gue. Mereka sering banget nyanyi reffnya, kebiasaan yang nular ke gue. Selama hari-hari di Januari, ga kehitung berapa kali gue muter lagu ini. Ratusan? Lebih.

Kau harus bisa bisa berlapang dada
Kau harus bisa bisa ambil hikmahnya
Karena semua semua tak lagi sama
Walau kau tau dia pun merasakannya

2. This is Me by Demi Lovato

Sindrom Let it Go yang merupakan OST Frozen nampaknya belum meninggalkan gue. Keseringan denger suara mbak Demi (meski gue lebih suka versi Irdina), bikin gue ngubek-ngubek ngepoin lagu-lagu dia. Alhasil ketemulah lagu ini. Liriknya menginspirasi gue buat mewujudkan mimpi-mimpi baru dan menunjukkan ke dunia The Real Me.
But I have this dream
Right inside of me
I'm gonna let it show
It's time to let you know
to let you know


This is real 
This is me
I'm exactly where I'm supposed to be now
Gonna let the light shine on me
Now I've found who I am
There's no way to hold it in
No more hiding who I wanna be
This is me
3. It's My Life by Bon Jovi
Gue baru ngeh makna lagu ini setelah temen gue mengcover lagu ini di ruang karaoke. Suara doski yang rada berat bikin gue terpesona. Harusnya gue rekam ya, soalnya versi dia lebih ear catching dibanding penyanyi aslinya. Haha. (Kapan-kapan karaoke bareng lagi yaa, Mr. T). Well, yeah. It's my life! 

4. Hero by Mariah Carey
Ini lagu rekomendasi dari temen gue nan bijaksana. Mungkin dia bosen yaa dengerin keluhan gue mulu. Yang ngerasa ga bisa apa-apa lah, yang iri sama temen sendiri lah, yang inilah yang itulah.  Makasih ya Mah, udah mau ngingetin gue buat ga tersesat dan ga tau arah jalan pulang.
And then a hero comes along
With the strength to carry on
And you cast your fears aside
And you know you can survive
So when you feel like hope is gone
Look inside you and be strong
And you'll finally see the truth
That a hero lies in you
5. You Are Beautiful by Cherrybelle
Lagu dari girlband Indonesia ini menurut gue bagusss banget dinyanyiin saat gue ngaca. Yaa tambahkan sedikit gaya chibi-chibi dan kecantikan gue bertambah 2x lipat. Hahahaa.. Dengerin lagu ini tuh bikin gue merasa ada temen yang ngingetin gue supaya tetep pede dan cantik, ga peduli apa kata orang tentang penanmpilan gue. Terserah lah kalau ada yang bilang gue norak bla bla bla. Yang penting gue cantik. Haha!
You are beautiful, beautiful, beautiful
Kamu cantik cantik dari hatimu
tu playlist lagu-lagu motivasi diri gue sekarang. Ada yang mau kasih rekomendasi? (Kartika Restu Susilo)

No comments:

Post a Comment